Inspirasi,  Uncategorized,  Wedding Milenial

Apa Yang Harus Dipersiapkan Untuk Pernikahan Kamu?

Duh, 2020 udah di depan mata. Temen–temen udah banyak yang mulai berbagi foto lamaran, foto undangan, foto hantaran, dan printilan lainnya. Sementara kamu masih bingung dengan diri kamu sendiri. Tenang aja! Semua punya jalan hidupnya masing-masing. Menikah bukan soal gaun pengantin yang indah atau dekorasi bunga yang meriah. tapi ada hal yang lebih penting dari itu semua, yakni menemukan kebahagiaan dari pernikahan itu sendiri. Sementara kamu mulai menata kehidupan masa depan, yuk kita intip apa aja yang sebenernya harus kita persiapkan     untuk menuju gerbang pernikahan.

Sebenernya syarat nikah itu sederhana ya guys, yang penting ada calon suami, calon istri, wali, dua orang saksi, mahar nikah, dan ijab-kabul. Tapi ternyata ada beberapa hal juga yang perlu diperhatikan sebelum memilih melangkah menuju gerbang pelaminan.

 

  1. Pasangan yang cocok

Nah, yang ini pasti donk ya. Gimana mau nikah kalo pasangannya gak ada. Tapi ternyata seringkali permasalahannya bukan ada atau tidak adanya pasangan, tetapi apakah kita benar-benar sudah merasa cocok dan nyaman dengan pasangan pilihan kita. Karena tidak sedikit dari kita yang menikah bukan berdasarkan pilihan sendiri melainkan pilihan orangtua. Sehingga, penting bagi kita untuk benar-benar meyakinkan diri bahwa pasangan yang kita pilih adalah yang terbaik dan akan tetap bersama hingga jadi debu.

 

  1. Mental yang kuat

Pernikahan tentu bukanlah hanya satu hari pada saat akad nikah dan resepsi saja. Tetapi mulai dari selesai ijab kabul hingga nanti akhirnya maut yang memisahkan. Dalam perjalanannya tentunya ada banyak cerita yang dilalui. Sebagian dari kita memang masih ragu-ragu untuk melangkah ke arah yang lebih serius. Beberapa hal diantaranya dikarenakan keinginan untuk menikmati masa muda yang lebih lama, masih ingin memantapkan kondisi finansial, hingga merasa belum menemukan sosok pasangan yang tepat seperti di poin no.1. So, bagaimana teman-teman? Kalau sudah menemukan pasangan yang tepat dan memiliki mental yang kuat tetapi belum nikah juga, mungkin kamu terkendala di poin no.3 dibawah ini!

 

  1. Budget nikah

Tak perlu gengsi untuk mengakuinya, guys! Persoalan budget atau biaya pernikahan memang kadangkala menjadi permasalahan utama dari pasangan milenial yang akan menikah. Beruntung jika kalian terlahir dari keluarga berada atau kebetulan dapat warisan berlimpah, atau mungkin saat akan menikah sudah menduduki posisi strategis di perusahan tempat kamu bekerja. Namun jika belum, jangan berputus asa. Karena akan selalu ada rezeki untuk mereka yang berjuang untuk niat baik apalagi untuk menikah. Dengan modal nikah 1 juta rupiah saja Insya Allah sudah bisa nikah secara SAH di mata agama dan hukum Negara. Diantara nya untuk nikah di KUA biayanya :

  • Biaya nikah di KUA 600 ribu rupiah
  • Biaya administrasi seperti cetak foto, fotokopi KTP, dll sebesar 50 ribu rupiah
  • Biaya screening pra nikah 300 ribu untuk 2 orang

Sisanya beli air kotak buat minum pas ijab Kabul.

Yah, namanya masih perhitungan kasar gengs. Tapi intinya, niat baik selalu dimudahkan Allah SWT. Selagi masih ada waktu menuju hari pernikahan, masih ada waktu untuk mencari tambahan biaya nikah. Semangat gengs!

 

  1. Vendor yang tepat

Nah, kalau ternyata kalian punya budget nikah yang lebih lega, tidak ada salahnya untuk menggunakan beberapa jasa vendor yang bisa memberikan suasana suka cita lebih meriah. Memilih vendor yang tepat memang gampang—gampang susah. Bukan asal memilih berdasarkan nama vendor yang sudah terkenal namun juga track record nya kepada klien juga patut menjadi pertimbangan. Kadangkala, cerita dari satu mulut ke mulut yang lain memang sangat mempengaruhi keputusan kita untuk menggunakan vendor tersebut atau tidak.

Untuk itu, penting bagi teman-teman untuk mendengarkan lebih banyak referensi tentang vendor tersebut. Kalau soal jualan mah, semuanya manis. Tapi seringkali dijumpai calon pengantin yang kecewa terhadap vendor tertentu dikarenakan apa yang dijanjikan diawal tak sesuai kenyataan. Hal ini menjadi masukan kepada temen-temen untuk juga mengenal siapa dibalik vendor tersebut. Karena orang yang bisa dipercaya, sebisa mungkin tidak mengecewakan kliennya.

 

  1. Restu orangtua

Restu orangtua tidak dapat dipandang sebelah mata! Dan ini menjadi salah satu poin utama yang perlu teman-teman perhatikan. Letaknya sengaja memang di akhir supaya mengingatkan kembali teman-teman, bahwa terkadang cinta memang perlu diperjuangkan dan pada akhirnya kita hanya perlu membuktikan. Membuktikan bahwa kita memilih pada pilihan yang tepat atau keliru.

 

Bagaimana menurut kamu? Yuk berikan komentar dibawah dan share artikel ini ke teme-temen kamu yang mau nikah!

Trims,

Vivien Anjadi Suwito

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *