Beauty,  Event,  Sosok,  Uncategorized

Berbagi Inspirasi Bersama MUA Hits Anpa Suha

Rasanya semua MUA di tanah air dan para beauty enthusiast pasti tahu dengan sosok yang satu ini. Yup, nama Anpa Suha sudah tidak asing lagi di telinga para pecinta makeup. Sepak terjang kisah Anpa Suha yang sangat menginspirasi menjadikannya sebagai role model dan motivasi bagi MUA lainnya terutama di Pekanbaru.

Sudah banyak sekali wajah artis Indonesia yang disulap oleh tangan ajaibnya menjadi lebih wow dan cantik sempurna. Bahkan tak tanggung-tanggung, ia disebut sebagai The Most Wanted MUA di Indonesia! Wah keren ya!

Daaaaaannn, thankyou so much buat Fajar Cosmetic selaku penyelenggara workshop yang telah mengundang Anpa Suha untuk berbagi ilmu dengan para beauty enthusiast Pekanbaru pada hari Selasa, 21 Januari 2020 di Hotel Pangeran Pekanbaru. Emang nih yaaaa, Fajar Cosmetic selaluuuu ada aja ide nya buat bikin kegiatan yang seru-seru dengan bintang tamu yang hits, membuat kita jadi merasa rugi kalo gak ikutan! Hehehehe…

Dan beruntung banget pada kesempatan itu, aku dipercaya menjadi MC acara tersebut dan bisa melihat lebih dekat sosok Anpa Suha yang ternyata ramah dan baik banget. Beliau gak segan-segan buat ngasih tau semua produk yang dia pakai dan teknik yang dia gunakan. Di sela-sela workshop, Anpa Suha banyak memberikan motivasi dan pencerahan bagi para MUA Pekanbaru  untuk bisa menjadi MUA yang lebih professional.

Apa saja motivasi yang diberikan Anpa Suha? Ini dia!

1. Gunakan Produk Terbaik

Anpa Suha selalu mengingatkan agar berusaha menggunakan produk-produk makeup dengan kualitas terbaik. Menurutnya, produk makeup yang digunakan akan menunjukkan dimana “kelas” kita. Jika kita menggunakan produk dan alat makeup dengan kualitas terbaik, maka kita akan berusaha sebaik-baiknya menggunakan produk tersebut agar hasilnya sepadan mengingat harga produk makeup yang bagus tidaklah murah. Justru apabila kita tidak mau “naik kelas” dan nyaman dengan produk “alakadarnya”, maka akan berdampak pada sikap kita yang terkadang jadi asal-asalan.

Contohnya, jika kita punya bedak seharga 1 juta dengan bedak 100 ribu, pasti akan terasa perbedaan perlakuannya. Bedak seharga 1 juta, akan kita pakai sehati-hati mungkin, dirawat, dibersihkan, dan ditaruh ditempat yang aman. Tapi bedak yang seharga 100 ribu, bisa jadi membuat kita merasa “enteng” dan santai. Alhasil, pakai bedak suka-suka, sponsnya entah kemana, dan diletakkan sembarangan plus jarang dibersihkan. Hufftt, memang ternyata harga bisa membedakan perlakuan yaa guys!

Bahkan, ada satu kalimat Anpa Suha yang terngiang-ngiang di kepala aku.

“Kan selalu ada yang bilang kalo produk itu mah nomor sekian, yang penting teknik makeup-nya. Banyak kok makeup murah, hasilnya bagus.” Katanya

“Iya mah bagus, tapi kelas kalian ya akan disitu-situ aja!” jelasnya lagi.

Seketika, ‘deg’ aku merasa ‘iya juga yaaa’… Hahahaha…

Menurutnya, ketika kita mau menaikkan kelas, kita harus mau rugi bandar dulu diawal. Harus mau bermodal untuk beli produk dan alat kuas yang bagus. Kalo produk udah bagus, kita jadi terpacu untuk belajar teknik makeup yang baik. Kita juga menjadi jauh lebih percaya diri ketika menghadapi klien. Rasa percaya diri inilah yang harus terus dipupuk agar meningkatkan motivasi kita dalam berkarya.

2. Mencintai Pekerjaan

Anpa Suha juga mengingatkan jika ingin menjadi sukses, maka kita harus mencintai pekerjaan kita. Jika ingin menjadi MUA professional dan sukses, maka kita harus benar-benar mendalami dan menghayati semua yang berhubungan dengan pekerjaan kita. Menurutnya, seorang MUA sudah harus hapal diluar kepala nama-nama produk beserta nomor shade-nya. Contoh nya merek foundation apa dan shade apa. Lipstik nomor berapa, dll. Jadi tidak lagi melihat keterangan dibawah kemasan, melainkan sudah hafal dan menguasai semua produk yang digunakan. Hal ini juga akan menambahkan kesan yang profesional di depan klien.

3. Tidak Mengejar Uang dulu

Terakhir, beliau selalu menyarankan untuk tidak mengejar uang terlebih dahulu, melainkan selalu memberikan hasil karya terbaik tanpa diukur uang. Karena baginya, hasil makeup adalah sebuah karya. Jika bukan kita yang menghargai hasil karya kita sendiri, lalu siapa lagi?  Kepuasan hati terkadang tak bisa dibeli dengan uang. Selalu berikan yang terbaik untuk customer berapapun bayaran yang diterima.

Ia bercerita dulu pernah dibayar 15 ribu untuk merias pagar ayu. Ia terima pekerjaan itu dan dilakukan dengan sepenuh hati dan memberikan karya terbaiknya. Ia bahkan sengaja hanya mengambil job untuk merias 1 orang saja, sementara teman lainnya mengambil sampai 5 orang. Menurut Anpa Suha, ia tidak mau hasil makeupnya tidak maksimal karena terburu-buru waktu. Alhasil, orang-orang mengakui hasil karya nya yang bagus dan memuaskan hingga membuat karirnya perlahan menanjak menjadi salah satu MUA hits tanah air.

Itulah tadi nilai-nilai inspiratif yang bisa kita petik dari sosok Anpa Suha yang luar biasa. Bukan hanya hasil sapuan makeupnya yang memukau, namun juga cerita yang disampaikannya mampu membuka pikiran dan mindset kita untuk menjadi lebih baik lagi. Btw, jangan lupa pantengin terus instagram Fajar Cosmetic ya, biar tau update info artis atau MUA mana lagi yang diundang. Hehehehe…

Terima kasih kak Anpa Suha…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *