gaya hidup milenial
Inspirasi,  Keuangan Milenial,  Uncategorized

Gaya Hidup Milenial Jaman Now

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa saat ini, kebutuhan akan pengakuan di lingkungan seakan menjadi gaya hidup milenial jaman now. Untuk menunjukkan eksistensi, seringkali seseorang mau tidak mau mulai sedikit demi sedikit merangkak menyesuaikan diri dengan lingkungannya.

Ditambah lagi saat ini peran social media yang sangat massif membombardir otak dan pikiran kita dengan berbagai penawaran menarik yang begitu menguras kantong. Hingga kita sendiri pun tak sadar, bahwa yang kita beli adalah sebuah keinginan, bukan kebutuhan.

Gaya Hidup Dulu vs Sekarang

Gaya hidup milenial masa kini memang telah bergeser. Jika dulu, pengeluaran yang didahulukan orangtua kita adalah pengeluaran untuk memiliki rumah, kendaraan keluarga, tabungan, investasi seperti tanah dan logam mulia. Sekarang, pengeluaran milenial adalah bagaimana bisa terlihat hits dari ujung kaki sampai ujung kepala, terlihat hits di social media dengan berbagai pose di destinasi wisata popular.

Atau bagi para milenials, nongkrong manja di Starbucks pake tas Gucci, dipoles bedak Channel, trus selfie pake iPhone X. Uuuughhhhhh…… semua sah-sah aja kok! Gak ada yang salah! Toh duit-duit mereka, hasil kerja keras mereka. Yang jadi masalah adalah :

  • kalo kita gak mampu dan maksa supaya terlihat mampu.
  • Gak pake duit sendiri alias masih nyusahin orangtua.
  • Pake duit sendiri sih, tapi habis buat belanja. Gak punya tabungan sama sekali.

gaya hidup milenial

Kenapa begitu?

Kalau kita gak mampu, tetapi tetep keukeuh supaya terlihat mampu, ujung-ujungnya akan kembali menyusahkan diri kita sendiri guys. Siapa yang gak mau punya sepatu berkualitas premium dan tahan lama? Tapi pas lihat harganya yang juga premium, seketika kita menelan ludah sembari mikir kalo duitnya sama dengan jatah sebulan yang dikirim orangtua dari kampung. Belum lagi yang ada cicilan motor 10 bulan dan nyicilnya masih pake uang orangtua, tapi masih maksain buat beli skincare mahal. Masih pake duit orangtua pula.

Jika kamu mungkin sudah berpenghasilan sendiri. Wajar kalo kamu kasih rewards/penghargaan buat kerja keras kamu selama ini. Masak banting tulang dari pagi ampe malam, gak dinikmatin sama sekali? Tapi bukan berarti gaji atau penghasilan yang diterima seperti keran air yang dibuka poll, deras di awal dan kering diakhir.

Belajar Bareng, yuk!

Nah, disini kita sama-sama belajar ya guys. Aku juga masih baru banget belajar tentang bagaimana mengelola keuangan. Aku sangat bersyukur dari kecil sudah melihat bagaimana almarhummah mama mengatur keuangan keluarga. Di lain artikel, aku bakal sharing, apa aja yang bisa kita lakukan sebagai generasi milenial dalam mengelola keuangan.

Kalo ada pendapat, saran dan masukan, kalian bisa isi kolom komentar.

Jangan lupa, follow akun Instagram Vivien TV 

 

Trims

Vivien Anjadi Suwito

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *