Motivasi Milenial,  Uncategorized

Pendidikan Untuk Wanita, Gak Penting!

Pendidikan Untuk Wanita? Gak Penting!

TAPI PENTING BANGET,Girls!

By the way, yang aku maksud pendidikan disini bukan berarti sebatas pendidikan formal ya girls! Karena jaman sekarang, ada banyak kesempatan untuk bisa belajar dan mendapat ilmu. Yang terpenting adalah mau belajar dan rajin membaca. Informasi dan edukasi sudah tersebar dimana-mana. Karena , menempuh pendidikan formal belum tentu menjadikan kita benar-benar berpendidikan. Banyak juga yang hanya mengejar ijazah formal tanpa benar-benar belajar sungguh-sungguh dan merubah pola pikir menjadi lebih baik.

Sekedar informasi girls, artikel ini aku bikin atas request dari followers instagram  @Vivien.TV yaitu @pratamabekti. Nah kalo kalian punya request bahas apapun seputar dunia wanita milenial, kalian bisa DM aku di instagram @Vivien.Tv. Disana aku bakal sering sharing tips n trik, informasi, berbagi cerita, dan inspirasi seputar dunia wanita milenial. So, jangan lupa di follow ya teman-teman….

Oke, balik lagi kenapa wanita harus berpendidikan? Kan ujung-ujungnya wanita akan berada di dapur, kasur, dan sumur? Nah, itu duluuuu… sekarang tetap begitu juga… ehhhhh udah berubah maksudnya..hehehehe. Karena semakin lama, semakin banyak kita lihat fenomena peran wanita yang sangat berpengaruh, entah itu baik maupun buruk. So, langsung aja kita bahas kenapa wanita itu harus berpendidikan.

 

  1. Sekolah pertama bagi anak-anaknya

Wanita yang cerdas memiliki pola pikir yang baik dalam menyikapi tumbuh kembang anak-anaknya.ia juga mengerti bagaimana bersikap dan mendidik anaknya dengan tegas namun penuh kasih sayang.

Wanita milenial ternyata juga harus lebih banyak belajar untuk beradaptasi dengan pola asuh di era digital ini. Karena, pola asuh anak jaman dulu dengan sekarang jelas berbeda. Kalo dulu, anak nangis bisa diem hanya dengan digendong sambil jalan depan rumah. Kalo sekarang? Dikasih Youtube Ria Ricis dulu baru anteng. Nah disinilah peran wanita sebagai ibu yang harus matang dalam mengambil keputusan dalam mengasuh anak-anaknya.

Belum lagi, banyak situasi dimana seorang wanita yang belum siap menjadi seorang ibu sehingga mental nya terganggu dan melakukan hal-hal negative ke anaknya. Nah, ini yang serem Girls! Makanya kesiapan mental seorang wanita sangat penting sekali. Bukan hanya karena factor lingkungan namun tak jarang juga dipengaruhi tingkat pendidikannya.

 

  1. Menteri Keuangan Dalam Keluarga

Wanita memiliki peranan penting dalam pengaturan keuangan keluarga. Wanita yang cerdas tentu mengerti mana yang menjadi prioritas kebutuhan dan yang hanya sekedar keinginan.

Bagi wanita yang masih single, mungkin belum terlalu memusingkan masalah keuangan karena hanya memikirkan kebutuha diri sendiri. Setiap bulan hanya mengurus keuangan untuk makan pribadi, transportasi, kebutuhan makeup dan skincare, hingga belanja online.

Nah, jika sudah menikah, tentu pengaturan keuangan menjadi berbeda. Wanita memiliki peranan mengelola nafkah yang diberikan suami  dengan optimal.  Bagaimana berusaha mencukupi kebutuhan meja makan, namun tetap bisa bayar iuran BPJS atau menabung investasi sedikit demi sedikit.

Jangan sampai karena kurangnya pendidikan terutama pendidikan finansial, kita jadi gampang boros dan tergoda belanja hal-hal yang gak penting. Maklum kalau udah berumah tangga, adaaaaa ajaaaa hal sepele yang pengen dibeli padahal dulu waktu masih single kita gak kepikiran mau beli. Misalnya tiba-tiba kita merasa butuh beli satu set piring mangkok cantik atau tiba-tiba merasa butuh beli bedcover baru motif bunga-bunga. Padahal sebenernya gak butuh-butuh banget, cuma karena lihat postingan instagram, kita jadi merasa “butuh” padahal kita cuma “ingin”.

Nah, disinilah pentingnya wanita juga memiliki pendidikan finansial yang baik. Sumber ilmunya ada dimana-mana Girls! Dan udah banyak banget artikel yang membahas tentang cara pengelolaan keuangan yang baik.

 

  1. Sebagai Partner Hebat Bagi Suami

Wanita bukan saja sebagai makmum bagi pria, namun juga menjadi partner hidup. Wanita yang cerdas mengerti bagaimana menempatkan diri menjadi istri, rekan kerja, sahabat dan ibu bagi anak-anaknya.

Nah, ada istilah : “Happy Wife, Happy Life”.

Ini adalah ungkapan yang tepat banget menggambarkan mengapa wanita juga harus pinter-pinter dalam mengelola emosinya. Kondisi ekonomi dan usaha yang naik turun, masalah rumah tangga, masalah anak, belum lagi masalah dengan mertua atau tetangga sebelah rumah, seringkali menjadi pemicu stress berlebihan yang membuat wanita gampang marah dan emosi.

Duhhhh, kalo wanita udah marah, serem ah. Lagi badmood aja, bikin dunia serasa kelabu, apalagi kalo marah dan emosi….Itulah pentingnya peran wanita yang bisa membuat suasana rumah menjadi menyenangkan bak Dufan Ancol atau justru membuat suasana rumah serem bak rumah hantu.

Wanita yang cerdas tentulah wanita yang bisa mengendalikan emosinya, mengerti kapan harus diam, kapan harus marah, dan kapan harus move on untuk melanjutkan hidup.

 

Namun hal yang perlu diingat adalah….

setinggi apapun pendidikan kita, sehebat apapun karir kita, dan secerdas apapun pemikiran kita, sebagai wanita kita tetap harus mengerti batasan dan kodrat kita. Pintar bukan berarti harus menggurui. Karena kadangkala bersikap tidak tahu dengan tujuan menghargai pasangan akan lebih baik daripada selalu mengagungkan pengetahuan yang kita miliki. Wanita yang cerdas, tentu mengerti kapan harus berbicara dan kapan harus menjadi pendengar.

Okay, itu dulu pembahasan kita kali ini tentang pentingnya pendidikan bagi wanita. Jangan lupa di follow instagram @Vivien.TV untuk informasi dan inspirasi tentang wanita milenial lainnya.

Baca juga :

Yang Harus Dipersiapkan Untuk Pernikahan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *